oleh

Bupati Madina Tanggapi Keluhan Pasien di RSUD Panyabungan

-Daerah-194 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (14/02)(Panyabungan) – Mendengar keluhan salah seorang warga yang berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan Mandailing Natal (Madina) tentang lambannya pelayanan, Bupati H Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution bergegas cepat ke lokasi, Senin (14/2/2022).

Tiba di rumah sakit, Bupati disambut Kepala Bagian Tata Usaha, Baginda Mulia.

ptsmmhutmadina

“Kunjungan ke rumah sakit ini hanya mengecek apa sebenarnya permasalahan yang dialami salah seorang pasien sehingga pelayanan lamban. Ternyata, menurut keterangan pihak KTU, sistem aplikasi Vclaim BPJS Kesehatan sedang mengalami gangguan,” kata Sukhairi.

Bupati meminta pegawai KTU dan Direktur RSUD Panyabungan ke depannya menerapkan sistem aplikasi jaringan agar mendapat solusi jika kendala ditemukan kembali.

“KTU dan Direktur saya harap secepatnya penerapan sistem aplikasi ini agar jangan terkendala, itu bisa dicari jalan keluarnya. Begitu juga dengan pihak BPJS harus lebih optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pesan Bupati.

Sementara Kepala Tata Usaha RSUD Panyabungan, Baginda Mulia membenarkan kunjungan Bupati tersebut.

“Yang menjadi kendala itu adalah sistem dari pihak BPJS. Kadang-kadang memang seperti itu, kita dari RSUD tidak pernah mempersulit masyarakat dalam pelayanan apapun selama itu masuk dalam tupoksi kita,” ungkapnya.

Baginda menyebut, setiap hari Senin pasien penyakit dalam yang mereka tangani sangat banyak, maka daftar antrian pun bisa berjalan dengan waktu yang lama.

“Namanya juga manusia, ada yang sabar dan ada pula yang tidak. Jadi permasalahannya itu di sistem pihak BPJS,” terangnya.

Diketahui Virtual claim atau vclaim adalah aplikasi yang digunakan oleh pihak rumah sakit untuk melakukan pembuatan Surat Eligibilitas Peserta (SEP).

Selain itu, V-claim juga berfungsi sebagai aplikasi untuk mengirimkan soft file tagihan pelayanan dari RS kepada BPJS Kesehatan. Dengan begitu, proses klaim menjadi lebih cepat dan mudah. BPJS telah menerapkan proses Vclaim untuk fasilitas kesehatan tingkat lanjutan sejak 2018. (14/02)(009)

Komentar

News Feed