oleh

Bupati Madina dan Istri Dinobatkan Ninik Mamak Nan Gadang Basa Batuah

-Daerah-245 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (11/12)(Natal ) – Majelis Pemangku Adat Ranah Nagari Nata Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menobatkan Bupati, Muhammad Jafar Sukhairi Nasution dan Istri, Ely Mahrani Lubis sebagai Ninik Mamak Nan Gadang Basa Batuah di wilayah pantai barat, Madina, Jum’at (10/12/2021) malam di Mess Pemprovsu, Natal.

Keputusan Ninik Mamak Nan Gadang Basa Batuah bernomor 01/MPA/2021 ditandatangani oleh Ketua Majelis Pemangku Adat Ranah Nagari Nata, H Misdar.

ptsmmhutmadina

Hadir, para pemangku adat pesisir di Kecamatan Natal, Alim Ulama, perwakilan kepala desa se Kecamatan Natal serta rombongan Bupati dari Pemkab Madina.

Prosesi penobatan dimulai pukul 21.00 Wib. Ada beberapa prosesi adat termasuk pemberian berupa canang (Daun sirih) dan penyiraman tubuh dibalut kain panjang berupa tepung tawar.

Penobatan dan pemberian gelar adat pesisir itu marujuk pada beberapa pertimbangan yang telah dibahas oleh ketua majelis pemangku adat dan pengurus.

Hasilnya, Bupati diberikan gelar Tuanku Sutan Bandaharo Alam dan Istri, Puti Anjung Suri.

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pemangku adat serta kepada seluruh warga natal adat pesisir atas pemberian gelar dan amanah tersebut.

Sukhairi berjanji akan menjaga amanah tersebut dengan sebaik mungkin.

“Mohon doa dan dukungan bapak ibu sekalian, agar saya dan istri dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya,” kata Bupati. (11/12)(009)

Komentar

News Feed