oleh

Bupati Hadiri Peresmian Kampung Pancasila

-Daerah-353 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (30/03) (Panyabungan Utara ) – Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jafar Sukhairi Nasution menghadiri peresmian Kampung Pancasila di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Panyabungan Utara, Rabu (30/3/2022).

Kampung Pancasila merupakan program yang digagas oleh TNI AD, dimana setiap Kabupaten/Kota akan ada satu lokasi yang akan dijadikan pilot project Kampung Pancasila dan bertujuan untuk menjaga segala dinamika di dalam masyarakat.

ptsmmhutmadina

Hadir dalam peresmian itu, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra, Kapolres Madina AKBP HM Reza Chairul AS, Kajari Madina Novan Hadian, Ketua FKUB, dan Camat Panyabungan Utara.

Kedatangan bupati beserta rombongan disambut dengan pengalungan bunga dan tarian dari masyarakat Desa Beringin Jaya.

Sukhairi saat menyampaikan sambutan memberi pertanyaan secara acak kepada siswa Sekolah Dasar (SD) mengenai pancasila. Ke dua siswa SD tersebut terlihat senang saat dirinya menerima uang Rp 100.000 dari Bupati Sukhairi.

Atas nama Pemkab Madina, Sukhairi mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Kodim 0212 Tapanuli Selatan beserta jajarannya yang telah mencanangkan Kampung Pancasila di Desa Beringin Jaya.

“Kami berharap Kampung Pancasila tidak hanya diresmikan di desa beringin Jaya saja semoga segera menyusul, direncanakan di daerah lain di Kabupaten Madina,” lanjut Sukhairi.

Sukhairi mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya, hal ini perlu dilakukan, mengingat masyarakat Madina merupakan bangsa yang beragam dengan berbagai keberagaman agama adat dan budaya. “Kita semua hidup dalam perbedaan yang patut kita syukuri, karena dengan keberagaman inilah kita belajar untuk saling menghormati satu sama lain,” katanya.

Sukhairi berharap kedepan bukan hanya Desa Beringin Jaya yang menjadi Kampung Pancasila. Dengan adanya Kampung Pancasila, ke depan diharapkan bisa mengingatkan nilai pancasila bagi kalangan muda yang kurang dalam mengamalkan pancasila.

Dandim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra memaparkan Desa Beringin Jaya menjadi desa ke empat dari lima Kabupaten/Kota Tapanuli Selatan yang telah diresmikan menjadi Kampung Pancasila. “Kampung Pancasila ini bisa menjadi benteng apabila dilakukan oleh seluruh desa,” katanya saat diwawancarai.

Rooy mengatakan Indonesia terdiri dari berbagai pulau, suku dan agama, hal itu dapat menjadi satu berdasarkan perjuangan bersama. Untuk itu dengan pencanangan Kampung Pancasila ini, dapat mengingatkan mengenai ideologi pancasila yang masih menjadi dasar hidup masyarakat Indonesia.

“Dari butir pertama sampai kelima menjadi dasar kehidupan kita di Indonesia. Kita harus hidup bersama dan bertoleransi,” Katanya.

Rooy berharap dengan adanya Kampung Pancasila dapat mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Ini akan membuat pencegahan terhadap radikalisme dan terorisme. Akan mendukung kemajuan di Kabupaten Madina,” katanya. (30/03)(009)

Komentar

News Feed