oleh

Bagi-bagi Rejeki, Bupati Madina Dikerubungi Warga Banjar Kobun

-Daerah-342 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (18/01) (Panyabungan) – Puluhan bocah mengerubungi Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Ja’far Sukhairi Nasution di Banjar Kobun, Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan, Selasa (18/1/2022) sore. Rupanya, kedatangan Sukhairi ke permukiman penduduk yang tak jauh dari kediaman pribadinya untuk membagikan gajinya sebagai Bupati Madina.

Aksi derma gaji ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan oleh Sukhairi sejak menjabat sebagai Bupati Madina. Kali ini Bupati membagikan gajinya kepada warga di Banjar Kobun, Kelurahan Panyabungan II.

ptsmmhutmadina

Kehadiran Bupati membagikan gajinya ke permukiman padat penduduk itu sontak membuat warga berkerumun. Seolah tak mau ketinggalan mendapat rejeki mendadak, puluhan anak pun ikut mengantri. Mereka tersenyum sumringah ketika uang lembaran Rp 10.000 mendarat di tangannya.

Untuk warga dewasa, Bupati mempercayakan Kepala Lingkungan II untuk membagikannya. Tentunya, nominal uang yang dibagikan kepada orang dewasa berbeda dengan anak-anak. Untuk warga dewasa, nominal uang yang dibagikan Rp 50.000.

“Ini janji saya (waktu awal jadi bupati) bahwa kita berbagi kepada masyarakat. Ini bulan keenam saya bagi-bagikan gaji saya untuk membantu masyarakat. Semua warga akan kebagian walaupun sedikit dari gaji saya untuk menambah keberkahan dari Allah SWT,” tutur bupati yang merakyat ini.

Sebelumnya, Bupati juga membagikan gajinya kepada warga Banjar Galagala, Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan. Saat itu, warga berkumpul di halaman rumah kepala lingkungan setempat. Untuk mengindari kerumunan, Sukhairi meminta kepala lingkungan setempat yang membagikan uang tunai itu kepada 160 kepala keluarga.

“Ini janji saya waktu kampanye dulu. Gaji pokok disumbangkan kepada masyarakat Madina yang layak dibantu,” kata Sukhairi.

Lalu, Bupati meminta didoakan masyarakat agar selalu diberi kesehatan dan keberkahan dalam memimpin Kabupaten Madina yang madani ini. “Doakan saya, Pak, Bu, dan orangtua saya yang hadir disini,” pintanya.

Sukhairi kali pertama mendermakan gaji pokoknya sebagai Bupati Madina pada Rabu, 1 September 2021. Kala itu, kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menghibahkan gaji perdananya kepada para petugas kebersihan di Lapangan Parkir Utama Kompleks Perkantoran Pemkab Madina, Desa Parbangunan, Panyabungan.

Petugas kebersihan itu meliputi tukang sapu, pekerja, sopir, penjaga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, dan petugas kebersihan lingkungan. Mereka selama ini dipekerjakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madina.

Pemberian gaji yang diserahkan langsung oleh Sukhairi tersebut membuat petugas kebersihan sumringah dan gembira usai menerima uang tersebut. “Sebelum dilantik, ada komitmen saya dan Ibu Wakil Bupati bahwa gaji yang diterima akan kami serahkan kepada fakir, anak yatim, dan masyarakat lemah,” kata Sukhairi kala itu.

Lantas, bulan berikutnya, tepatnya 15 Oktober 2021, Sukhairi kembali menyumbangkan gaji pokoknya. Kali ini penerimanya 80 pengemudi becak motor (betor) yang berkumpul di Titi Kuning, Panyabungan. Mereka langsung menyalami Bupati sambil menerima uang Rp 100 ribu per orang.
Sukhairi mengatakan pemberian gaji tersebut kondisional. “Terkadang digunakan untuk bansos dan juga ke orang-orang yang membutuhkan,” katanya.

Dia juga berpesan kepada para pengusaha dan dermawan agar sama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan.(18/01)(009)

Komentar

News Feed