Atika Pimpin Upacara Harkitnas Ke 115

Daerah145 views
polresmadina

MNC Trijaya Mandailing Natal (20/05) (Panyabungan) – Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 115 tahun 2023 di halaman mesjid Agung Nur Ala Nur, Sabtu (20/05/2023).

Pantauan wartawan, peringatan Harkitnas ke 115 tahun 2023 ini dipimpin oleh Wakil Bupati Madina, Atika Azmi Utammi Nasution dihadiri oleh Kapolres Madina, AKBP HM Reza CAS, SIK, SH, MH, Sekdakab Madina, Alamulhaq Daulay, TNI, Kepala OPD, LSM, Organisasi profesi, Siswa siswi SD, SMP dan SMA.

iklansoman

Wabup Madina, Atika Azmi Utammi Nasution saat membacakan surat Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia menyatakan, 115 tahun lalu bara persatuan indonesia sebagai negara mulai menyala.

Dan Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Utomo pada 20 Mei 1908.

“Sejak saat itu gerakan perjuangan indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur,”ujarnya

Barisan persatuan yang dibentuk oleg Boedi Utomo adalah satu pemantik bagi kekuatan indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dimasa yang sulit, baik masa pra maupun pasca kemerdekaan.

“Dimasa ini disaat kemerdekaan kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan indonesia emas 2045”.sebutnya

Harkitnas juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, lembaga, pemerintah daerah sektor swasta, akademisi, pers, komunitas dan seluruh elemen bangsa saling bahu mebahu berkolaborasi menerapkan nilai nilai persatuan dan juga kesatuan dalam mewujudkan kebagkitan bangsa dari berbagai krisis global.

“Data BPS menunjukkan bahwa perekonomian indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31 persen jauh meningkat dari pertumbuhan ditahun 2021 sebesar 3,70 persen dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019”.ungkapnya

Kemudian, tingginya kepercayaan dunia kepada indonesia menjadi momentum untuk megimpelementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi covid 19 sekaligus perjalanan menuju indonesia emas 2045.

“Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, cerdas, juga demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan”.tandasnya mengakhiri.(007)

PPP

Komentar