oleh

Antisipasi Banjir, Warga Minta Pemerintah Bersihkan Sampah Di Jembatan Aek Mata

-Daerah-289 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (30/10)(Panyabungan) – Derasnya hujan yang belakangan ini melanda Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sudah seharusnya menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Madina untuk melakukan sigap, waspada, tanggap banjir dan longsor.

Sebab, seperti yang terjadi pada Jum’at malam (29/10/2021), jalan Williem Iskander yang merupakan jalan protokol Kota Panyabungan yang merupakan ibu kota Kabupaten Madina sempat mengalami banjir hingga ke badan jalan.

ptsmmhutmadina

Tak hanya harus melakukan sigap, tanggap dan waspada banjir serta longsor. Pemkab Madina juga harus memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga yang tinggal di pinggir sungai.

Karena, seperti yang sudah-sudah, akibat derasnya hujan, debit air pun naik hingga kerumah warga yang tinggal di pinggir sungai. Dan membuat warga tersebut harus melakukan jaga malam untuk siap siaga menyelamatkan diri apabila banjir mencapai beberapa meter.

Seperti halnya warga dilingkungan 1 Kelurahan Kayu jati dan keluarahan Panyabungan III kecamatan Panyabungan, akibat curah hujan yang tinggi kemaren, warga terus berjaga mengantisipasi apabila terjadi banjir, yang disebabkan debit air di sungai Aek mata meningkat 

Dan yang lebih mengkhawatirkan lagi, meningkatnya debit air Sungai Aek Mata akibat curah hujan yang deras di wilayah hulu sungai ini, turut mengakibatkan terbawanya material sampah kayu. Dan saat ini  Kayu tersebut banyak yang sangkut dibawah dan menyumbat aliran air sungai di Jebatan Aek Mata yang letaknya di Pusat Kota Panyabungan, sehingga luapannya dikhawatirkan dapat mengancam terjadinya banjir kepemukiman warga.

“Pemkab Madina melalui Dinas Terkait dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madina diminta untuk segera turun tangan guna membersihkan material sampah kayu yang tersangkut di bawah jembatan Sungai Aek Mata. 

Sebab, kami sangat khawatir jika hujan turun lagi dan debit Sungai Aek Mata meningkat lagi, kemungkinan besar dapat menyebabkan banjir ke rumah warga”. Ujar Faisal Indra (38 Tahun) Warga Lingkungan I Kelurahan Kayu Jati kepada MNC Trijaya Madina, sabtu (30/10/2021) sore.

Beliau juga mengungkapkan, saat ini saja, kita juga sedang waspada karena hujan yang turun hari ini tidak kalah derasnya dengan hujan yang terjadi kemaren.

Ditempat terpisah, hal senada juga disampaikan oleh warga lainnya yang bernama MA Rajab. ia mengatakan sebelum ini Kami secara sukarela telah pernah melakukan gotong royong untuk membersikan sampah dan kayuan yang menyumbat di jembatan Aek mata itu, tanpa ada perhatian dari Pemkab Madina.

“kami Masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai Aek.mata ini, berharap agar Pemkab Madina jangan hanya Pencitraan dan cakap – cakap saja, tapi buktikan langsung kelokasi”.pintanya. (007)

Komentar

News Feed