oleh

Ajari Siswa Kreatif Dan Mandiri, SMAN 3 Panyabungan Isi Kegiatan Ekskul Dengan Belajar Ngelas

-Daerah-406 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (18/01) (Panyabungan) – Siswa kelas 1 dan II Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Panyabungan yang beralamat di komplek Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina), isi pelajaran prakarya dengan belajar mengelas.

Kegiatan mengelas yang masuk dalam kategori bidang pelajaran Prakarya, dilakukan pada saat siswa telah pulang sekolah (ekskul). Dimana, pada pagi harinya, para siswa sebelumnya telah mengikuti pelajaran materi di sekolah.

ptsmmhutmadina

Amril Lubis salah satu anggota komite SMA N 3 Panyabungan yang merupakan mentor dalam pelatihan mengelas bagi siswa ini kepada MNC Trijaya Madina menuturkan, tujuan dilatihnya para siswa kelas I dan II ini agar siswa dan siswi di SMAN 3 ini memiliki keahlian (Skill), apabila nantinya ada yang tidak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi atau melanjutkan perguruan tinggi ke daerah lain, si siswa telah memiliki skill untuk mandiri.

“Saya sangat mendukung apa yang diputuskan oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 3 Panyabungan, Dra. Hj Lesna Tarida, MM dalam mengisi pelajaran Prakarya kedalam ekskul pelatihan ini”.sebutnya

Lanjutnya, ketepatan saya sedikit memiliki penegetahuan tentang tata cara pengelasan. Nah, dengan sedikit pengetahuan mengelas inilah, saya secara sukarela mengajari para siswa yang mau mengikuti pelatihan ini.

“Alhamdulillah, baru empat kali dalam pertemuan ekskul pelatihan mengelas ini, dimana dilaksanakan dalam 2 kali seminggu. Para siswa terlihat sangat cepat mengerti dan menangkap apa yang saya ajari”.ujarnya

Hal itu terbukti dengan imbuhnya, ketika dalam pelatihan kedua, ketiga dan keempat, para siswa sudah dapat menekuk besi serta mengelas besi dengan baik, sehingga menjadi sebuah pagar.

“Dalam ekskul pelatihan mengelas ini, tidak ada harus diwajibkan kepada siswa. Bagi yang mau ikut pelatihan silahkan, bagi yang tidak mau juga silahkan. “Tidak ada paksaan”.tandasnya

Dan perlu diketahui tambahnya, siswa yang nantinya telah dapat mengelas dengan baik. Berikutnya, merekalah yang akan mengajari siswa-siswa yang lain.

Kepsek SMAN 3 Panyabungan, Dra. Hj Lesna Tarida, MM kepada MNC Trijaya Madina menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada orang tua siswa khususnya salah seorang anggota Komite Pak Amril Lubis karena dengan tulus mau membagikan pengetahuannya untuk menambah keahlian para siswa di bidang pelajaran Prakarya.

“Semoga saja dengan adanya pelatihan ini, nantinya siswa kita bisa mandiri dilingkungannya, dengan skill yang didapat dalam ekskul ini”.harapnya. (007)

Komentar

News Feed