oleh

2 Kasus Penganiayaan, Berhasil Di Restoratif Justice Kejari Madina

-Daerah-279 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (28/11)(Panyabungan) – Berdasarkqn peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2020 tentang penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif. Kejaksaan Negeri Mandailing Natal (Kejari Madina) berhasil melakukan Restoratif Justice (RJ) terhadap 2 kasus penganiayaan warga desa Pidoli Lombang Kecamatan Panyabungan, Jum’at (26/11/2021).   

Bertempat diaula Kejari Madina Restoratif Justice ini dilakukan dengan disaksikan penyidik polres Madina, Kepala Lingkungan Pidoli Lombang, tokoh masyarakat pidoli lombang dan kedua keluarga terkait.

ptsmmhutmadina

Restoratif Justice terhadap 2 kasus penganiayaan dan saling lapor atas tersangka Hanisah (47) dan korban Masniari (54). Dan sebaliknya tersangka Masniari (54) dan korban Hanisah (47). Sama-sama dikenakan pasal 351 ayat (1) KUHP yang diancam pidana 2 tahun 8 bulan penjara.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Madina, Taufik Djalal, SH melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasipidum), Riamor Bangun, SH kepada MNC Trijaya Madina, Minggu (28/11/2021) mengungkapkan bahwa Restoratif Justice terhadap kasus pidana baru pertama kali ini terjadi di Kejari Madina. 

“Ini merupakan keberhasilan Pak Kajari untuk mendamaikan kedua belah pihak yang bersengketa untuk berdamai, sehingga terciptalah Restoratif Justice ini”.ungkapnya.

Lanjutnya, adapun maksud dan tujuannya Restoratif Jastice tersebut adalah untuk memulihkan kembali keadaan semula antara korban dan tersangka. Dan dengan proses penyelesaian diluar persidangan ini, dilakukan tanpa biaya serta dengan proses yang cepat”.sebut mantan Kasipidsus Kejari Labusel tersebut

Perlu diketahui sambungnya, bahwa proses penyelesaian melalui Restoratif Justice ini mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan putusan hukum di pengadilan”.terangnya

Ditambahkannya, dengan Restoratif Justice ini juga nantinya dapat menekan angka dan jumlah penahanan atau  orang yang masuk dalam penjara. (007)

Komentar

News Feed