Madina Diguyur Hujan, Ini Himbauan Bupati

Daerah211 Dilihat

MNC Trijaya Mandailing Natal (13/10) (Panyabungan) – Bupati Madina Jakfar Sukhairi Nasution melalui kepala BPBD Madina Mukhsin Nasution S.Sos, M.M menghimbau kepada seluruh masyarakat Mandailing Natal agar lebih waspada dengan kondisi hujan saat ini.
Terlebih kepada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai ancaman banjir dan yang bermukim di perbukitan ancaman longsor serta pohon tumbang.

Saat ini kondisi hujan mengguyur kabupaten Mandailing Natal ( Madina), Sumut dan beberapa desa tergenang banjir. Termasuk warga di Desa Hutagodang Muda, Tanjung Sialang dan Muara Batang Angkola di Kecamatan Siabu yang terdampak banjir akibat luapan sungai Batang Gadis. Serta ada beberapa desa yang terdampak guyuran hujan dan menimbulkan longsor dan pohon tumbang termasuk di Kecamatan Ulu Pungkut, kecamatan Tambangan, Kecamatan Panyabungan Timur, Kecamatan Panyabungan dan Kecamatan Lembah Sorik Merapi serta pohon tumbang di kecamatan Muara Sipongi.

Saat ini personil badan penanggulangan bencana Daerah ( BPBD) sudah ada dilokasi yang terdampak banjir. Demikian disampaikan Mukhsin Nasution S.Sos, M.M Kepala BPBD Madina kepada media ini, Minggu, (13/10/2024).

Dikatakan Mukhsin, apabila terus banjir atau debit banjir bertambah sehingga masyarakat harus diungsikan tim BPBD dan segera melakukan evakuasi. Untuk titik pengungsian dari ketiga desa itu akan direncanakan di desa Tangga Bosi ( desa terdekat).

” Tim terus dilokasi hingga banjir reda atau dipastikan kondisi aman, perahu karet sebanyak 2 unit sudah dilokasi banjir sebanyak 15 personil BPBD standby secara bergantian. Kemudian jikalau banjir terus meningkat pihak BPBD sudah menyiapkan tenda pengungsian dan dapur umum” lanjutnya

Terang Mukhsin, sampai saat ini belum Level status tanggap darurat, belum memenuhi kriteria.

“Jikalau ada desa yang terjadi bencana banjir atau longsor dan lainnya bisa menghubungi pihak BPBD melalui seluler call center 117 atau Pusdalops ( pusat pengendalian operasi) BPBD Madina 085143188242” terangnya. (Bakti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *