Daftar Pemenang Lomba Ende dan Cerpen Sanggar Samisara

Daerah274 Dilihat

MNC Trijaya Mandailing Natal (30/08) (Panyabungan) – Setelah melalui masa seleksi dan penilaian, akhirnya panitia Ende dan Cerpen Sanggar Samisara mengumumkan para pemenang, Jumat (30/08). Pengumuman ini lebih lambat dari jadwal sebelumnya, yakni 27 Agustus 2024.

Ketua Panitia Iqbal Harun mengatakan keterlambatan terjadi karena ada waktu tambahan bagi peserta lomba ende. “Kami berikan waktu tambahan karena ada beberapa peserta yang memerlukan waktu tambahan dan peminatnya juga saat itu tidak mencukupi untuk dilombakan,” katanya.

Meski demikian, dia memastikan tidak ada peserta tambahan lomba menulis cerpen bahasa Mandailing. “Untuk cerpen kami tutup sesuai jadwal. Hanya saja diumumkan berbarengan dengan pengumuman juara ende biar serentak,” jelasnya.

Setelah menilai bahan lomba ende dan cerpen yang diterima panitia, maka berdasarkan kriteria penilaian yang sudah ditetapkan, dewan juri lomba ende menetapkan enam finalis sebagai berikut:

  1. Sobar do Siabenon
  2. Haskin Oloansyah
  3. Reza Isqal Ramadhan
  4. Reza Riyan
  5. Hasnan (Aek Garut)
  6. Rizal

Dewan juri lomba cerpen menetapkan 15 finalis sebagai berikut:

  1. Hara Ni HP
  2. Lilu di Arangan
  3. Sipatu Beda Sabariba
  4. Mak, Ma Suksesma Anakmu
  5. Aceh na Mamisahkon
  6. Hara ni Naso Adil On Mambaen Iba Get Jadi Hakim
  7. Saginjang ni Bintang
  8. Marsuo Marujung Marsarak
  9. Marsikola
  10. Danon ni Hasobaran
  11. Marparange na Denggan
  12. Parbagian
  13. Gadisma Tano i, Tabusi tu Kalayo
  14. Marsarak Mate
  15. Parsarakan Hara ni Parsuadaan

Iqbal menekankan daftar yang dikeluarkan tidak menunjukkan peringkat. “Daftar itu bukan berarti peringkat. Untuk peringkat nanti akan diumumkan pada Malam Budaya di Siabu,” terangnya.

Untuk itu, kata Iqbal, seluruh pemenang yang ada dalam daftar tersebut diundang dan diharuskan hadir pada Malam Budaya Sanggar Samisara pada Sabtu (31/08) di SMA Negeri 1 Siabu, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

“Acara dimulai pukul 20.00 WIB. Akan ada penampilan dari juara ende dan drama Sampuraga Jatuh Cinta,” tutup lulusan Universitas Sumatera Utara ini.

Lomba dan pementasan dalam Malam Budaya ini merupakan bagian dari fasililitasi Bidang Kebahasaan dan Kesastraan dari Badan Bahasa, Kemendikbudristek, tahun 2024. Untuk wilayah Sumatera Utara hanya dua yang menerima, satu lainnya adalah Komunitas Katakata dari kota Medan. (009)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *